Berita Terbaru
  Semua Kategori » Buku » Jangan Pukul Aku!

Jangan Pukul Aku!

  Buku - Selasa, 29 Agu 2006 12:12:53
  Jangan Pukul Aku! Paradigma-Baru Pola Pengasuhan Anak:
* Mengasuh Anak dengan Cinta Tanpa Syarat.
* Mengganti Hukuman menjadi Kasih Sayang.
* Mendorong Anak untuk Lebih Bertanggung Jawab.
* Menumbuhkan Kepercayaan Terhadap Anak dengan Mengurangi Kontrol.

Anda mungkin bukan termasuk orangtua yang suka memukul anak. Tidak efektif, kata Anda. Tetapi sekali dua, Anda barangkali pernah terdorong untuk menghukumnya secara non-fisik seperti dengan tidak membolehkannya menonton acara televisi kesukaan atau membaca majalah langganannya yang datang hari ini sebagai akibat perbuatan salahnya minggu lalu. Hukuman itu untuk membuatnya disiplin, kata Anda. Anak-anak perlu dilatih agar berdisiplin dengan menghukumnya jika salah dan memberi hadiah jika dia berbuat baik.

Begitulah metode penguatan positif yang sering diajarkan banyak buku pengasuhan anak. Tetapi, bagaimana hukuman dan ganjaran itu dilihat dalam perspektif anak? Tentu dia akan berkesimpulan bahwa cinta Anda kepadanya adalah cinta yang bersyarat. Anda hanya mencintainya jika dia baik dan patuh. Kepatuhan menjadi tujuan utama pola pengasuhan Anda, dengan mengorbankan kebutuhan anak untuk dicintai tanpa syarat.

Buku ini akan membukakan mata Anda tentang buruknya dampak pola pengasuhan anak yang mengandalkan hukuman dan ganjaran terhadap anak ketika dewasa. Alfie Kohn mengutip khazanah penelitian yang kukuh dan tak banyak diketahui yang memerinci kerusakan yang diakibatkan oleh pola pengasuhan seperti itu. Kita diajak untuk memikirkan kembali tindakan kita terhadap anak-anak, jika tujuan kita adalah membesarkan anak menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, bahagia, dan matang secara sosial. Inilah terobosan baru dalam panduan keayahbundaan yang akan menghubungkan Anda dengan instink terbaik Anda dalam membesarkan anak.

STOP KEKERASAN TERHADAP ANAK!

***

Pengantar oleh Dr. Seto Mulyadi (Ketua Komnas Perlindungan Anak).

Buku ini akan membuat Anda berpikir—keras—tentang tipe hubungan yang ingin Anda miliki dengan anak Anda. Demi Anda dan anak Anda … bacalah buku ini!
—ROSS W. GREENE, The Explosive Child

Buku ini menggarisbawahi sebuah prinsip pengasuhan yang penting: Disiplin ternyata lebih menyangkut soal memiliki hubungan yang benar dengan anak Anda daripada memiliki teknik yang benar untuk menegakkannya.
—WILLIAM SEARS, The Baby Book dan The Discipline Book
   
 
  Berita Lainnya
Saat China Menemukan Dunia
24 Agu 2006-[Buku]
Pembayaran Dengan Cara Transfer Bisa Dilakukan Melalui Bank BCA, Mandiri, BNI dan BRI
18 Agu 2006-[Info BukuKita]
Misteri Ribuan Tahun Lalu Yang Kontroversial dan... Menakutkan?
16 Agu 2006-[Buku]
Selamat Kepada Pemenang Berhadiah Bulanan Periode Belanja Juli 2006
15 Agu 2006-[Info BukuKita]
Kisah Nyata Seorang Perempuan Yang Lolos Dari Pembunuhan Atas Nama Kehormatan
14 Agu 2006-[Buku]