Hubbu

  • Cover Hubbu
Rp 35.000
Hemat Rp 1.750
Rp 33.250
Judul
Hubbu
Penulis
No. ISBN
979
Tanggal terbit
Agustus - 2007
Jumlah Halaman
246
Berat
-
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
135x200mm
Kategori
Sastra
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Jika selama ini cerita berlatar pesantren termarginalkan dalam ranah sastra Indonesia, maka kemunculan HUBBU karya Mashuri telah mengakhiri masa keterasingan itu. Adalah Jarot, tokoh utama novel ini, yang menjadi pusat penceritaan. Dikisahkan Jarot alias Abdullah Sattar dididik keras oleh keluarganya yang berlatar belakang santri untuk menjadi penerus trah keluarga. Sejak kecil Jarot memiliki keistimewaan seperti mampu menghapal dengan cepat ayat-ayat suci Al Quran dan bersikap kritis kepada lingkungannya. Hal ini semakin meyakinkan keluarga bahwa Jarot anak yang spesial sehingga tepat menjadi penerus pesantren kebanggaan Desa Alas Abang. Menjelang dewasa, konflik psikologis mulai menerpa Jarot. Pertemuan budaya Jawa dan Islam menambah kompleksitas jati dirinya. Apalagi ketika cinta hadir dan Jarot mesti kucing-kucingan dengan tempatnya nyantri untuk bertemu gadis pujaan hati. Cinta ini mesti berakhir dengan kepergian Jarot meneruskan kuliah di Universitas Airlangga. Dunia luar semakin terbuka untuknya. Pertikaian idealisme di diri Jarot pun muncul ketika kenyataan tidak seperti yang ia duga. Terlebih saat ia bersinggungan dengan pergaulan bebas antar mahasiswa. Sementara itu datang berita dari Alas Abang, bahwa ia mesti menunaikan tugas menjadi pemimpin pesantren. Jarot pun sampai pada persimpangan kritis; memilih memikul tangggung jawab yang dibebankan keluarga di pundaknya atau mengikuti suara hati dalam menjalani hidupnya. *** PEMENANG I SAYEMBARA NOVEL DEWAN KESENIAN JAKARTA 2006 Novel HUBBU ditulis dengan gaya penceritaan yang unik. HUBBU sendiri dari bahasa Arab, artinya cinta. Alur cerita HUBBU melompat-lompat dinamis, menjalin cerita utuh berkelindan. Membaca HUBBU seperti berdiri di berbagai tempat untuk melihat ke satu persoalan sehingga beragam prespektif dari tokoh-tokohnya dapat kita rasakan. Hanya penulis piawai yang mampu melakukan teknik bercerita semacam ini. Dan Mashuri telah membuktikannya dengan HUBBU, sebuah novel yang memang pantas untuk menang. *** ''Dewan juri memilih Hubbu karena sangat utuh dan padu ceritanya.'' --Ahmad Tohari, sastrawan, juri Sayembara Penulisan Novel DKJ 2006

REVIEW Hubbu

Oleh : abd, 10 Apr 2008-11:55:18

Rating
+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating
Abdullah Sattar alias Jarot mewakili generasi yang sedang transisi baik dari segi moral agama, kebudayaan, pola pikir dan cara pandang dan gaya hidup, jika orang awam pada umumnya melihat dan menilai transisi yang sedang berlangsung merupakan sebuah trend dan sebuah keharusan agar tidak dianggap udik maka tidak demikian dengan Abdullah Sattar alias Jarot, darah yang mengalir pada tubuhnya dapat menjelma menjadi golongan apa saja sesuai dengan yang dibutuhkan, suntikan darah Jarot dinggap mampu memberikan darah segar demi kelangsungan pesantren sebagai penerus trah dan tinggal pada lingkungan keluarga Jawa yang sangat menekankan pendidikan agama Islam dan dilarang untuk memahami kebudayaan Jawa yang penuh dengan klenik dan mistik dengan didikan yang keras dan doktrin-doktrin agama, sosok Jarot menjelma menjadi seorang pemikir dan haus akan jawaban atas doktrin-doktrin yang mengikatnya.

Gejolak pemikiran dan hatinya membuat ia memutuskan untuk mencarinya jawaban di luar dari lingkungan keluarga, setelah memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Surabaya, Jarot semakin terbelenggu dengan pola pikirnya dan gaya hidup transisi yang sedikit menyeretnya semakin ke tengah arus hidup postmodern. Dominasi cerita pewayangan yang terekam jelas di memori otaknya selalu berkecamuk dengan norma agama dan dengan arus hidupnya sendiri, perang batin inilah yang ia rasakan, terkadang apa yang sedang ia jalani merupakan skenario yang telah ia baca dari mimpi mimpinya belum lagi ilmu laduni yang ia peroleh dari darah trah yang mengalir pada tubuhnya, ilmu laduni adalah karunia Allah yang langsung diberikan kepada hambanya secara langsung untuk mengetahui keadaan yang sedang dijalani, yang akan datang ataupun masa lalu walaupun kadang jawaban tersebut berupa simbol-simbol yang harus ia pecahkan terlebih dahulu, gejolak batin yang terus-menerus itulah yang mendorongnya untuk mengambil keputusan di luar dari pakem norma agama walaupun keputusan yang ia ambil tentunya mempunyai konsekuensi yang akan ditanggungnya baik di hadapan keluarga besarnya, kepada tuhannya, maupun kepada dirinya sendiri.

Terlalu naïf rasanya bila pengalaman hidup yang Jarot dapat diterapkan di lingkungan pesantren yang harus ia pimpin sementara lingkungannya mengharuskannya untuk memimpin pesantren, Jarot merasa menistakan keniscayaan yang diberikan kepadanya sungguh beban mental yang harus ia pikul, sementara saat ini ia menjadi manusia bebas, bebas mendekati zina dan minuman haram, bebas berpacaran dan bebas dari memahami budaya Jawa yang klenik, pola pikirnya membuat Jarot menjadi manusia yang liberal sehingga ia memutuskan untuk lari dari lingkungan dan norma yang membesarkannya, pelariannya merupakan bentuk pensucian diri, setelah ia merasa menjadi manusia yang paling hina walaupun akhirnya ia tahu kehinaan yang selama ini Jarot rasakan merupakan kehinaan orang lain dan ia harus mensucikan kehinaan tersebut menjadi kemuliaan.

Darah biru tetap darah biru, setidaknya ini yang berlaku, serapat apapun masa lalu Jarot tersimpan bahkan terpenggal dari keturunannya tapi pasti terkuak dan trah atau silsilah tetap berlanjut walaupun keturunannya tidak memahami sepenuhnya tapi jaman berganti dan pola pikir pasti mengikuti perkembangan jaman.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sastra terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Mashuri lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020